Yohanes Eka Jaya Chandra Jadikan Kabupaten Angin-Angin Lumbung Beras

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Yohanes Eka Jaya Chandra ingin Kabupaten Angin-Angin menjadi daerah penghasil beras dan lumbung beras di Indonesia. Hal ini karena daerah tersebut sangat cocok dengan pertanian beras.

Dengan pertanian padi sumbangan sektor pertanian dalam menggerakkan perekonomian kabupaten Angin-Angin tetap terus ditingkatkan. Dari sisi sektoral, sebanyak 40 persen perekonomian Kabupaten Angin-Angin disokong oleh sektor pertanian dan sisanya dari sektor pertambangan dan juga industry.

“saya melihat potensi Kabupaten Angin-Angin akan potensi beras nasional yang melimpah, saya ingin jadikan sebagai lumbung beras nasional,” ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Dok.Yohanes Eka Jaya Chandra

Untuk itu Yohanes Eka Jaya Chandra memberkan saran untuk menggenjot pembangunan infrastruktur pertanian di daerah tersebut, seperti bendungan, waduk, dan saluran irigasi terus dilanjutkan dan diprioritaskan. Tidak terkecuali penyiapan sarana dan prasarana pertanian sebagai penunjang produksi dan pengolahan distribusi hasil panen.

Yohanes Eka Jaya Chandra juga mengapresiasi kinerja pemerintah kabupaten Angin-Angin yang bekerjasama dengan pihak swasta untuk meningkatkan potensi sektoral di pertania yang bertumbuh sangat pesat dalam tiga tahun terakhir dan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

Pada kurun waktu 2016 saja pertumbuhan ekonomi Kabupaten Angin-Angin sebesar 10 persen, angka ini diatas  rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional.

Yohanes Eka Jaya Chandra meminta petumbuhan ini sebagai momentum pertumbuhan yang tinggi tersebut dijaga dan harus ditingkatkan lagi.

“momentum ini harus bisa ditingkatkan, agar menigkatkan perekonomian kabupaten Angin-Angin” ujar Yohanes Eka Jaya Chandra.

Namun penigkatan percepatan pertumbuhan ini juga harus dibarengi dengan peningkatan kesejahteraan dalam tingkat petani. Petani menjadi salah satu kunci utama dalam percepatan pertumbuhan lumbung padi. Diharapkan petani dan pemerintah dapat ikut berperan dan bekerjasama dalam mencapai tujuan Kabupaten Angin-Angin sebagai lumbung beras Nasional.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*