Yohanes Chandra Ekajaya Raup Jutaan Rupiah dari Lele Asap

Lele Asap Pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko Untung Besar

Yohanes Chandra Ekajaya Pebisnis Lele Asap

Yohanes Chandra Ekajaya sudah lebih dari enam tahun mendalami profesi sebagai pengusaha ikan lele asap. Pemuda asal Malang, Jawa Timur ini sebelumnya memiliki profesi sebagai seorang satpam di salah satu sekolah negeri di Surabaya. Ia menganggap bahwa menjadi seorang pengusaha lebih memiliki tantangan daripada menjadi seorang yang bekerja demi sebuah institusi. Lele asap merupakan produk yang ia populerkan kepada konsumen, khususnya para pecinta kuliner tradisional.

Pria yang akrab dengan nama Cak Eka ini menjelaskan bahwa proses pengasapan tersebut dilakukan dalam 2 hari yang kemudian berupa dioven kemudian diberi asap pada bagian bawahnya dan diasap dengan menggunakan kayu bakar dengan temperature yang telah ditentukan.

Lele Asap Pengusaha J Chandra Ekajaya & J Wijanarko Untung Besar

Yohanes Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa kayu yang digunakan untuk proses pengasapan pun juga merupakan kayu pilihan yaitu dari pohon-pohon yang menghasilkan buah manis. Semua kayu tersebut diambil dari pulau sumatera yang dikenal dengan produksi buahnya. Ia mengaku bahwa penggunaan kayu memang berpengaruh dengan kualitas rasa yang dihasilkan dalam makanan yang diciptakannya. Yohanes Chandra Ekajaya pun mengakui bahwa awal mulanya, ia hanya menggunakan modal yang terbatas untuk mendirikan ikan lele asap yang diberi nama Monggo Mampir.

Di warung tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya pun juga mengaku bahwa tak hanya lele yang menjadi menu andalan dalam bisnis tersebut. Ia mengaku membuat menu seperti lele, ikan tuna, tenggiri, dan aneka seafood untuk diolah dengan proses pengasapan. Kini, omzet ratusan juta per bulan berhasil didapatkan oleh pria yang memiliki hobi memasak ini. Meski telah sukses meraup keuntungan yang besar, Yohanes Chandra Ekajaya pun juga akan menaikkan produknya tersebut baik secara kualitas, layanan, dan marketing agar dapat diterima secara positif oleh para konsumen.

Menurutnya, mengembangkan produk memang harus diperhatikan karena produk lele asap miliknya tersebut akan berbuah manis jika terus ditekuni. Sampai hari ini, untuk produk tersebut berhasil dijual untuk setiap harinya berkisar 300 hingga 400 porsi untuk setiap harinya. Kini, Yohanes Chandra Ekajaya dikenal sebagai pengusaha sukses yang sangat potensial untuk menaikkan pendapatan negara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*