Yohanes Chandra Ekajaya Peternak Lele Sangkuriang Beromzet Ratusan Juta

Yohanes Chandra Ekajaya Suka Lele
Raja Lele

Yohanes Chandra Ekajaya kunci kesuksesan dalam memulai bisnis adalah jangan sampai kita untuk takut gagal.  Inilah yang menjadikan seorang Yohanes Chandra Ekajaya menjadi seorang pengusaha dan pebisnis yang sukses. Banyak sekali bisnis yang sudah dia bangun, mulai dari bisnis fashion, kuliner dan jasa.

 

Kali ini Yohanes Chandra Ekajaya membuka bisnis usaha ternak Lele Sangkuriang. Lele sangkuriang merupakan lele jenis dumb ovarian baru yang berasal dari rekayasa genetic oleh BBAT kota sukabumi yang berniat memperbaiki mutu ikan lele. Saat ini Lelel Sangkuriang menjadi salah satu varietas unggul jenis lele. Keunggulan dari Lele sangkuriang adalah waktu panane yang bisa lebih cepat 2-3 bulan berbeda dengan jenis lele dumbo biasa. Dan juga daya tahan iakn akan penyakit dan perubahan suhu yang terjadi lebih kuat atau tahan penyakit.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Serta Ikan Lele
Ikan Lele Keren

 

Berlokasi di daerah Sukabumi, Yohanes Chandra Ekajaya membuka bisnsi ternak Lele Sangkuriangnya. Dia memperkerjakan sekitar 10 karyawan dari sekitar daerah, di juga menjalin kemitraan dengan lebih 30 peternak Lele Sangkuriang lainya. Hal ini bertujuan untuk semakin menggairahkan petani dalam berternak Lele dan sharing hal-hal tentang perkembangan dilapangan dengan lebih mudah.

 

Saat ini dalam kurun waktu satu bulan saja, kolam ternaknya bisa menghasilkan dan memproduksi 600.000 bibit lele. Harga tiap bibit berbeda-beda berdasarkan dengan ukuran. Misal, bibit berukuran 5-6 centimeter (cm) dibanderol Rp 160 per bibit. Sementara, bibit ukuran 7-8 cm dijual Rp 200 per bibit. Tak hanya itu, setiap hari nya saja , Yohanes Chandra Ekajaya juga  bisa memproduksi 3- 4 kuintal lele berukuran siap konsumsi seharga Rp 17.000 per kilogram.  Permintaan pasarnya sangat tinggi untuk jenis lele sangkuriang ini, bukan saja lele siap olahan, tapi bibit lele yang digunakan oleh para peternak untuk budidaya pun sangat laris manis dipesan para peternak.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Lele Indah
Lele Ciamik

 

Pelangganya dan target pasar pemasaran ikan Lele Sangkuriang nya menembus pasar domestic dan mancanegara. Di dalam negri sudah hampir seluruh menjangkau seluruh kawasan di Indonesia. Di pasara Internasional mampu menembus pasar ekspor mulai dari Bangladesh dan Malaysia.

 

Dengan hasil seperti itu setiap bulannya Yohanes Chandra Ekajaya dapat mengantongi keuntungan bersih hingga mencapai 200juta. Itu sudah bersih dikurangi perawatan kolam, pembelian makanan ikan hingga menggaji karyawan.

 

Kedepanya Yohanes Chandra Ekajaya ingin semakin memperluas jaringan pemasaranya dikawasan internsional, hingga mampu menjangkau kawasan seluruh asia tenggara dan kawasan eropa.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*