Yohanes Chandra Ekajaya Pertanyakan Pabrik Gula

Pabrik Gula Zaman Dulu Yohanes Chandra Ekajaya
Pabrik Gula Kuno Yohanes Chandra Ekajaya

Letak Indonesia yang berada di wilayah khatulistiwa sangat membuat banyak bangsa, kerajaan, atau negara asing sangat tertarik dengan potensi sumber daya alam negara ini. Baik sumber daya alam nabati, mineral, maupun manusianya. Bagi Yohanes Chandra Ekajaya Indonesia merupakan representasi dari surga yang sesungguhnya.

 

Yohanes Chandra Ekajaya menambahkan bahwa negara ini benar-benar seperti yang digambarkan dalam lagu kolam susu milik Koes Ploes. Dalam satu kalimatnya disebutkan bahwa tongkat batu dan kayu bisa menjadi tanaman di tanah subur ini. Dan itu bukan isapan jempol belaka, tetapi merupakan sebuah fakta dan bukti yang sangat nyata dan riil.

 

Yohanes Chandra Ekajaya Pabrik Gula Kuno
Tuan dan Noni Belanda Jawa

 

Karena kesuburan yang tiada tertandingi itu banyak bangsa asing yang ingin menjajah wilayah ini. Berdasar sejarah yang tertulis Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa saat dijajah oleh VOC dan kerajaan Belanda, banyak pabrik gula yang didirikan. Ini merupakan klaim dari sejarah dunia. Di titik inilah ia menemukan banyak ketidak logisan atas klaim sejarah dunia tersebut.

 

Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai teori tersendiri. Sebab, selain senang dengan kegiatan riset dan penelitian, ia juga melakoni hidup sebagai seorang pengusaha yang sukses. Maka dari itu ia meragukan klaim dari sejarah versi dunia yang saat ini dipakai di Indonesia. Ia mengatakan bahwa pabrik gula bukanlah buatan kerajaan Belanda, melainkan buatan kerajaan asli Nuswantara.

 

Pabrik Gula Kuna Yohanes Chandra Ekajaya
Pabrik gula dari jauh

 

Salah satu logika yang digunakan oleh peneliti sekaligus pengusaha muda ini adalah terkait penentuan lokasi. Pada masa itu pusat pemerintahan Belanda di Indonesia berada di Batavia yang sekarang bernama Jakarta. Yohanes Chandra Ekajaya ini menyatakan bahwa bila kerajaan Belanda ini memegang prinsip ekonomi maka seharusnya lokasi-lokasi tempat pendirian pabrik akan lebih efektif dan efisien bila berada di sekitar wilayah pemerintahan.

 

Yohanes Chandra Ekajaya menyebutkan bahwa lokasi yang sangat tepat untuk didirikan pabrik gula adalah Jawa Barat, karena tanahnya subur dan sangat cocok ditanami tanaman tebu. Tetapi yang menjadi keanehan adalah kenapa di wilayah Jawa Barat justru hanya ada satu pabrik gula?

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*