Yohanes Chandra Ekajaya Dan Ikan Cupang

Kami masih tetap eksis menjadi slogan dari peternak ikan cupang di kabupaten Wonosobo. Meski saat ini bisnis ikan cupang secara keseluruhan belum kembali bersinar dan cerah, tetapi menurut salah seorang pelaku bisnis tersebut, Yohanes Chandra Ekajaya, bisnis ikan cupang akan jaya kembali dan membuat masyarakat di kampung ini lepas dari jerat kemiskinan.

Yohanes Chandra Ekajaya adalah salah satu peternak ikan cupang yang baru saja mengikuti pembinaan dan pelatihan serta perkembangan bisnis ikan cupang melalui media online. Ia mengajak para rekan dan mitranya untuk memanfaatkan media online dalam mempromosikan dan menjajakan dagangannya.

Sebagai peternak ikan cupang yang kekinian, Yohanes Chandra Ekajaya mau tidak mau harus mengikuti perkembangan bisnis online. Hal ini harus dilakukan supaya masyarakat kembali jatuh cinta kepada ikan cupang. Untuk jatuh cinta kepada ikan cupang maka masyarakat harus mengenal ikan tersebut. Salah satu cara membuat masyarakat mengenal jenis ikan tersebut adalah dengan memanfaatkan media sosial.

Menurut Yohanes Chandra Ekajaya, melalui media sosial pada pedagang dan peternak ikan cupang dapat memamerkan ikan cupang yang menjadi kebangaan dan andalannya. Selain melalui media sosial, mereka pun sudah melayani pembelian secara offline. Biasany pembelian secara offline hanya dikhususkan pada para pelanggan yang sudah lama berinteraksi dengan peternak.

Untuk merawat ikan cupang pun cukup mudah. Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa ikan cupang dapat hidup pada media akuarium. Misalnya saja di wadah yang berasal dari bahan kaca, atau pun stoples yang berasal dari bahan beling, kemudian dari botol bekas kemasan air mineral pun bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman untuk ikan cupang.

Terkait harga, Yohanes Chandra Ekajaya mengatakan bahwa harga sangat ditentukan oleh kualitas ikan cupang itu sendiri. Misalnya saja ikan cupang yang berfungsi untuk kontes keindahan, maka biasanya yang dinilai adalah keindahan warna. Inilah salah satu faktor yang menentukan harganya. Selain itu ada juga jenis ikan cupang petarung. Maka yang menjadi ukuran harganya adalah keganasan dan keberingasan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*