Yohanes Chandra Ekajaya Bergelut dengan Tikus

Tikus putih ( mus musculus ) atau biasa disebut mencit ialah merupakan jenis pakan terbaik untuk berbagai macam peliharaan baik itu burung pemangsa, ular dan yang pada umumnya tikus ini digunakan untuk penelitian. Karena banyaknya kegunaan tersebut maka ternak tikus putih pun ialah ide yang sangat bagus untuk berinvestasi. Dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan seperti apa yang dilakukan oleh Yohanes Chandra Ekajaya seorang peternak tikus dari semarang ini.

Awal mula ide bisnis Yohanes Chandra Ekajaya diawali pada saat ia mulai memelihara retil jenis ular, pada awal mulanya ia memang sudah bermain reptil akan tetapi jenis yang ia pelihara ialah iguana yang makanan utamanya adalah sayur, semenjak ia berpindah ke ular yang makanan utamanya ialah daging ia mulai mengembangkan usaha beternak mencit ini.

Yohanes Chandra Ekajaya merasa bahwa jika ia membeli mencit terus maka akan boros karena harganya masih lumayan untuk per ekornya. Akhirnya pada awal 2009 Yohanes Chandra Ekajaya membeli 4 paket mencit yang isinya 1 paket sekitar 1 jantan 4 betina, pada wal mulanya ia hanya ingin beternak untuk pakan pribadi ularnya, namun setelah beberapa bulan karena perkembang biakan mencit sangat cepat maka terjadi over populasi terhadap mencitnya.

Untuk berternak tikus putih bisa sangat memberikan peluang usaha yang juga tidak kalah dengan ternak hewan lainnya asalkan tahu teknik ternaknya. Sudah banyak yang tergiur dengan berternak tikus ini karena menurut para pelaku ternak, tikus ini mudah perawatannya serta modal yang digunakan pun sedikit.

Hewan tikus ini sangat mudah beranak pinak serta tiap bulan pun bisa dipanen. Waktu yang dibutuhkan untuk mengurus indukan tikus putih ini pun cukup singkat setiap harinya sehingga walaupun memiliki kesibukan yang lainnya, ternak tikus ini bisa menjadi sampingan yang tidak menyita waktu tentunya.

Sebenarnya cara ternak tikus putih ini tidak lah jauh berbeda dengan memelihara hamster. Hal yang paling utama dalam memelihara tikus putih atau menternakan tikus putih ialah

Kebersihan kandang

Ketersedian pakan

Dan suhu udara yang pas

Saat ini penghasilan yang didapatkan oleh Yohanes Chandra Ekajaya sudah mencapai angka 30 juta per bulan, karena pasar permintaan mencit yang ia budidaya sangat banyak dan sekarang pun Yohanes Chandra Ekajaya masih kewalahan untuk menuruti kebutuhan pasar walaupun mencit di kandangnya sudah mencapai ribuan ekor

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*