Yohanes Chandra Ekajaya Anthurium dan Daya Tariknya

usaha anthurium yohanes chandra ekajaya

pengusaha anthurium sukses J Chandra Ekajaya & J Wijanarko

Anthurium, siapa yang tidak mengenal tanaman ini, tanaman yang masih sejenis dengan gelombang cinta dan jemani ini merupakan tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman yang memiliki khas pada keindahan daunnya ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer lainnya seperti Aglaonema, Philodendron, keladi hias dan Alokasia. Dalam keluarga Araceae, anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak yaitu sekitar 1000 jenis anggota marga anthurium.

Daya tarik tanaman ini adalah pada daunnya yang memiliki bentuk unik, bervariasi dan indah. Dengan daun yang berwarna hijau tua dengan urat dan tulang daun besar dan menonjol. Yohanes Chandra Ekajaya yang merupakan seorang penghobi Anthurium mengatakan bahwa secara umum tanaman anthurium dibedakan menjadi dua, yaitu anthurium daun dan anthurium bunga. Anthurium daun memiliki daya tarik yang khas dari daun daun nya yang istimewa dan mewah, sedangkan anthurium bunga lebih menonjolkan keragaman bentuk bunga baik hasil hibrid maupun spesies. Biasanya jenis anthurium bunga dijadikan sebagai bunga potong.

Anthurium Andraeanum

Anthurium Andraeanum adalah spesies tanaman berbunga dalam keluarga Araceae. Spesies ini asli Kolombia dan Ekuador. Nama umum untuk tanaman dalam genus Anthurium ini adalah tailflower, bunga flamingo, dan laceleaf. Anthurium Andraeanum adalah salah satu tanaman yang tercantum dalam NASA Clean Air Study yang efektif untuk menghilangkan formaldehida, xylene, toluene, dan amonia dari udara. Untuk jenis ini Yohanes Chandra Ekajaya mempunyai pot yang ia letakkan di sebelah pintu dan jendela rumahnya karena fungsinya yang sangat besar.

Anthurium crystallinum

Anthurium crystallinum termasuk dalam jenis anthurium berbunga dalam keluarga aroid Araceae. Tanaman ini merupakan tanaman asli hutan hujan margin di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Tanaman ini mampu tumbuh sekitar 90cm, tubuh epifit ditandai dengan bentuk daun oval dengan urat putih yang menojol dan berbunga dengan warna spathes hijau dan hijau pucat sepanjang tahun. Tanaman ini mampu tumbuh pada suhu minimal 16 °C. Tanaman ini telah memperoleh penghargaan Royal Holticultural Society Garden Merit. Jenis Anthurium ini biasanya diajdikan sebuah hiasan di dalam ruangan seperti apa yang dilakukan Yohanes Chandra Ekajaya, ia menempatkan tanaman ini di ruang keluarga sebagai hiasan ruangan.

usaha anthurium yohanes chandra ekajaya

Anthurium Superbum

Anthurium Superbum merupakan spesies dari keluarga Araceae. Habitat asli tanaman ini adalah hutan daratan rendah dan lembab daerah tropis dan subtropis. Namun jenis ini sudah jarang ditemui dihabitatnya yang sebenarnya banyak di Indonesia karena banyaknya pengambilan tanaman ini untuk dijual ataupun diperkembangbiakkan secara luas.

Anthurium Jenmani

Anthurium Jenmani merupakan spesies dari keluarga Aracea yang memiliki ciri memiliki daun tebal, dengan pertumbuhan daun yang lambat,namun tetap terlihat kokoh dan kompak. Tanaman ini sempat menjadi trend pada tahun 2007 hingga 2009, pada saat itu harga tanaman Anthurium jenis ini bisa mencapai milyaran rupiah. Yohanes Chandra Ekajaya sendiri pernah sangat diuntungkan oleh tanaman ini karena pada saat itu permintaan pasar yang sangat tinggi.

Anthurium Hokeri

Anthurium Hokeri memiliki ciri khas daun lebih tipis dibandingkan jenis anthurium lainya dengan bentuk bunga lebar dan tinggi sehingga terlihat terkesan tinggi dan gagah.

Anthurium Gelombang Cinta

Anthurium Gelombang Cinta merupakan jenis anthurium yang banyak dipelihara dibandingkan jenis-jenis lainnya. Memiliki daun lebar dan bentuk urat yang menonjol, memiliki daun yang bergelombang sehingga dinamakan gelombang cinta atau wave of love. Hampir sama dengan Jenmani tanaman Anthurium jenis ini juga pernah booming pada tahun 2008 hingga 2009 dan juga banyak memberikan keuntungan bagi Yohanes Chandra Ekajaya

Anthurium Keris

Anthurium keris memiliki bentuk daun yang memanjang dan bergelombang membuatnya dinamakan anthurium keris. Semakin kecil lebar daun dianggap memiliki kualitas dan harga yang lebih mahal. Beberapa jenis anthurium keris diantaranya anthurium keris hitam, keris merah dan keris tangkai merah.

Anthurium Corong

Anthurium Corong Merupakan keluarga dari spesies Araceae yang mudah dikenali, karena memiliki bentuk daun berbentuk corong.

Dari koleksi yang ada di rumah Yohanes Chandra Ekajaya, anthurium jenis gelombang cinta dan hokery paling mudah diperbanyak karena mudah berbunga dan mengeluarkan biji dari tongkolnya. Sementara anthurium jenmani, lebih sering diperbanyak dengan pemisahan anakan. Sekian penjelasan yang diberikan, semoga pembaca lebih pahan tanaman apa sajakah yang disebut dengan tanaman anthurium.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*