Chandra Ekajaya Visi Kesehatan Gubernur

 Chandra Ekajaya sangat mengapresiasi program peningkatan derajat kesehatan di Sultra. Ini menjadi agenda strategis ke dua dari penjabaran visi misi pasangan Gubernur Sultra, Nur Alam-Saleh Lasata.

Salah satu indikatornya adalah angka harap hidup yang terus alami peningkatan cukup signifikan sejak Nur Alam-Saleh Lasata memimpin. Hingga akhir tahun 2016, capaian angka harapan hidup masyarakat Sultra berada pada angka 70,33 tahun.

“Kalau sebelumnya, tahun 2008 masih berada pada angka 67 tahun, tahun ini rata-rata angka harapan hidup masyarakat kita bisa sampai 70 tahun. Jadi tingkat harapan hidup masyarakat kita di Sultra lebih lama lagi, dan bisa berbuat lebih banyak untuk mendukung kemajuan daerah,” ujar Nur Alam, dalam ekspose sembilan tahun kepemimpinan.

Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa upaya peningkatan angka harapan hidup masyarakat, bukan hanya kerja keras pemerintah daerah, baik provinsi ataupun kabupaten. Tetapi, buah dari kerja keras bersama masyarakat dalam menyadari pentingnya program-program kesehatan.

Sementara Kadis Kesehatan, dr Asrum Tombili mengaku beberapa capaian agenda pembangunan khususnya di bidang kesehatan cukup baik. Salah satu indikator peningkatan kualitas sumber daya manusia yakni peningkatan kualitas derajat kesehatan yang di dalamnya ada angka harapan hidup manusia.

Data BPS menunjukan, angka harapan hidup masyarakat Sultra mencapai 70,33 tahun. Menunjukan, masyarakat bisa hidup hingga 70 tahun kedepan.

Olehnya itu, pihaknya akan terus berupaya untuk mendorong naiknya nilai angka harapan hidup di daerah itu. “Kita menargetkan angka harapan hidup di Sultra mencapai 73 tahun pada tahun 2020,” kata Asrum.

Menurutnya, pembangunan kesehatan di Sultra menunjukkan peningkatan dan keberhasilan, seperti pola hidup serta kesadaran kesehatan warga meningkat.

“Dari sisi kesehatan, kita juga terus meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, misalnya seperti mengurangi angka kurang gizi, kesehatan ibu dan penambahan sarana posyandu,” katanya.

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa untuk meningkatkan angka harapan hidup masyarakat, Dinas Kesehatan juga mempunyai program seperti peningkatan kesehatan dengan memberikan pengobatan gratis kepada masyarakat yang tidak mampu.

“Selain itu, program-program kesejahteraan lainnya yang mampu mendorong angka harapan hidup masyarakat,” pungkasnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*