Chandra Ekajaya Jabarkan Keruntuhan Kerajaan Tarumanegara

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya pernah mendapatkan cerita dari kakek dan neneknya bahwa pada zaman dahulu terdapat suatu kerajaan yang sangat besar. Bahkan diceritakan bahwa kerajaan tersebut mempunyai wilayah kekusaan hingga satu buah planet, yang bernama planet bumi atau lebih sering disebut dengan arcapada atau pun marcapada.

Dalam lagu milik Gombloh dikisahkan bahwa daerah yang bernama Nusantara ini dulunya mempunyai ratusan dan bahkan ribuan kerajaan. Maka tidak heran bila seluruh kerajaan ini disebut sebagai imperium. Karena luas dan pengaruh kuasanya sangatlah mutlak. Bahkan ia pun mempunyai wilayah di luar angkasa, hingga mencapai bulan dan matahari.

Kerajaan Tarumanegara adalah salah satu kerajaan yang mencapai posisi salaka nagara. Istilah salaka nagara adalah sebuah sebutan untuk menyebut sebuah kerajaan yang luas wilayah pemerintahannya seluas satu planet bumi. Pria yang akrab disapa Ki Sambarlangit ini menjelaskan bahwa ada satu kerajaan yang memimpin seluruh kerajaan di planet bumi ini adalah sangat mungkin dan sangat masuk akal.

Justru yang menjadi tidak masuk akal menurut pria kelahiran Malang, Jawa Timur ini adalah adanya sebuah keruntuhan. Bagaimana mungkin sebuah kerajaan yang sangat berkuasa dan powerfull bisa runtuh? Pecinta klenik, mistik, supranatural, dan spiritual ini mengatakan bahwa kerajaan itu sendirilah yang memilih untuk pensiun dan memberikan kesempatan kepada kerajaan-kerajaan yang lain untuk mencapai posisi salaka nagara.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya selaku pemilik bisnis distro You And Me mengatakan bahwa ada beberapa kerajaan yang mencapai posisi salaka nagara. Diantaranya adalah Sriwijaya dan Majapahit. Kedua kerajaan itu merupakan kelanjutan dari kerajaan Tarumanegara. Jadi bila disebutkan bahwa kerajaan ini runtuh, itu sangatlah tidak tepat dan kesimpulan yang gegabah.

Pengusaha muda nan sukses, sekaligus pemilik usaha kuliner Q Pizza ini mengatakan bahwa keterkaitan antara beberapa kerajaan yang mencapai posisi salaka nagara adalah perihal suksesi. Penduduk dan rakyat Nusantara sangat percaya bahwa model pergantian kekuasaaan di negeri ini diatur dan melalui turut campur alam semesta.

Keruntuhan merupakan model dari pemikiran Barat dan Timur Tengah. Karena kedua peradaban ini dalam pergantian kekuasaannya selalu memakai cara perang dan merebut kekuasaan. Sebenarnya hal ini bisa dikatakan tidak beradab, tetapi menurut pria yang gagal dalam akademiknya ini hal itu bisa dibenarkan pada konteks masyarakat setempat.

Bila Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai seluk beluk kerajaan Tarumanegara, maka silahkan klik tautan Chandra Ekajaya. Di web tersebut akan dijelaskan hingga detil segala macam pendapat, argumen, serta diskusi yang membawa kita seolah-olah menjelajah ke sama lalu menggunakan mesin waktu. Inilah yang membuat orang-orang sangat tertarik mempelajari sejarah. Seperti kata Boeng Karno, jangan sekali-sekali melupakan sejarah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*