Chandra Ekajaya Enggan Jadi Karyawan Lebih Memilih Menjadi Pengusaha

Dok.Chandra Ekajaya

Pengusaha Chandra Ekajaya mengatakan bahwa dunia yang serba cepat dan instan ini sangat mempengaruhi cara pandang dan paradigma berpikir masyarakat. Sehingga tidak jarang banyak ditemui para pemuda yang mempunyai pola pikir instan dan praktis. Misalnya mereka hanya mempunyai satu harapan ketika selesai belajar dari sebuah institusi pendidikan, yakni bekerja menjadi seorang pegawai atau karyawan. Mereka ingin menjadi karyawan, baik di institusi pemerintahan, perusahaan, maupun industri rumah tangga. Tetapi bagi pengusaha yang berasal dari Malang, Jawa Timur ini, menjadi karyawan bukan merupakan tujuannya.

Mengambil keputusan untuk menjadi seorang pengusaha bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan oleh Chandra Ekajaya. Sebenarnya, prinsip yang ia pegang sangat sederhana, yaitu tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Artinya pengusaha ini lebih ingin membayar orang lain daripada dibayar oleh orang. Selain prinsip tersebut yang mendasarinya ingin menjadi pengusaha, saat kecil ternyata pria ini telah bekerja keras memenuhi kebutuhan pendidikannya.

Dok.Chandra Ekajaya

Karena saat kecil Chandra Ekajaya sudah merasakan bagaimana susahnya bekerja kepada orang lain, maka ia mempunyai keinginan untuk membuka usaha sendiri. Ia ingin memberikan apresiasi yang layak kepada para pegawai atau karyawannya. Bagi pengusaha yang belum genap berusia 30 tahun ini para karyawan adalah penggerak roda usaha sesungguhnya, maka dari itu mereka harus diapresiasi dengan layak dan pantas. Oleh sebab itu, saat masih duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama ia sudah mengumpulkan uang untuk digunakan sebagai modal. Memang perlu waktu yang lama, karena dirinya bukanlah keturunan orang kaya. Akhirnya modal yang diperlukan terkumpul saat dirinya sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas.

Semangat dari lelaki yang memutuskan untuk menjadi pengusaha ini sangat patut diapresiasi. Apalagi prinsip tentang berbagi kebahagiaan itu merupakan hal sangat menyenangkan dan membahagiakan. Ia telah membutkikan bahwa selama ini kebahagiaan tidak akan pernah berkurang walau sudah dibagi. Ia akan terus bertambah walaupun sudah dibagi dengan banyak orang. Prinsip dan pengalamannya yang membuat Chandra Ekajaya memilih menjadi pengusaha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*