Chandra Ekajaya: Ekonomi Indonesia Akan Gemilang

Chandra Ekajaya Mercusuar Dunia

Pengusaha Chandra Ekajaya pada tahun 2010 sudah mendirikan sebuah lembaga konsultan bisnis. Ruang lingkup riset, penelitian dan pengembangannya meliputi wilayah domestik, nasional, dan internasional. Banyak para pebisnis dan para wirausaha serta pemerintah yang bekerjasama dengannya untuk mengetahui pergerakan ekonomi dunia menuju ke arah mana. Sehingga mereka bisa mempersiapkan diri untuk menyesuaikan diri dengan ritme ekonomi yang terus menerus bergerak. Pada tahun 2017, lembaga konsultan bisnis ini menerbitkan sebuah hasil riset yang memperkirakan bahwa pada tahun 2027, Indonesia akan mengalami sebuah perubahan yang mendasar dalam bidang ekonomi, politik, dan budaya. Sehingga mau tidak mau hal ini akan memperngaruhi perputaran roda ekonomi nasional dan dunia. Tetapi di tahun inilah Indonesia akan mengalami kebangkitannya, karena bila berjalan sesuai dengan hasil riset, maka negeri ini akan menjadi mercusuar ekonomi dunia beberapa dekade berikutnya.

Selain menerbitkan riset tersebut, lembaga ini juga menerbitkan sebuah prediksi atau perkiraan bahwa pada tahun 2040 nantinya ada lima negara besar yang menjadi pusat ekonomi dunia. Lima besar negara yang dimaksudkan adalah Republik Rakyat Tiongkok, Jerman, Jepang, India, dan Amerika Serikat. Meskipun sudah banyak yang menduga, tetapi hal yang harus digarisbawahi dari perkiraan ini adalah tiga negara yang termasuk dalam lima besar ekonomi dunia berasal dari benua Asia. Hasil perkiraan ini tidak muncul begitu saja, tetapi melalui penelitian yang panjang dengan berbekal data-data yang valid serta metode yang kuat, sehingga memunculkan hipotesa sementara. Hal ini baru bisa dibuktikan setelah tahun tersebut terlewati. Bagi negara-negara di kawasan Asia Tenggara, terutama Indonesia, perkiraan serta hasil penelitian tersebut merupakan memberika sebuah peluang yang sangat mencerahkan. Penerbitan riset itu memberikan angin yang sangat segar kepada negara yang telah lama terkena angin gersang dari gurun pasir ini. Dengan adanya penelitian dan riset tersebut maka harapan dan optimisme pemerintah serta masyarakat Indonesia bertambah. Tidak menutup kemungkinan bahwa negara ini akan masuk ke dalam lima negara besar pusat ekonomi dunia, bahkan menduduki peringkat teratas, sehingga menjadi negara dengan perekonomian terkuat di dunia.

Chandra Ekajaya Mercusuar Dunia

Bagi negara yang mempunyai sumber daya alam dan sumber daya manusia yang potensial, seperti diapit oleh dua samudera dan dua benua, yakni benua Asia dan Australia serta samudera Hindia dan samudera Pasifik, Indonesia mempunyai masa depan yang gemilang dan sangat cerah. Negara ini hanya membutuhkan pembangunan untuk perbaikan dan percepatan, tetapi tujuannya bukan untuk mengejar ketertinggalan dari negara lain, atau mengejar ketertinggalan dari negara maju. Melainkan negara ini harus mempunyai alur dan jalur sendiri terhadap pembangunannya. Berdasarkan penelitian saat ini, negara ini mempunyai daya tawar yang kuat di bidang budaya dan pariwisata. Oleh sebab itu, saat ini Indonesia sedang memfokuskan diri pada pembangunan. Misalnya pembangunan pabrik semen di Kendeng, bandara internasional di Kulonprogo, Yogyakarta, pembangunan sumber energi di berbagai daerah, dan sebagainya. Potensi sumber daya alam Indonesia memang tidak perlu diragukan sama sekali, karena negara ini mempunyai kekayaan alam yang sangat luar biasa. Kemudian pada sisi sumber daya manusianya, Indonesia akan memiliki bonus demografi yang luar biasa besar. Karena jumlah penduduk yang berusia produktif lebih besar daripada jumlah penduduk yang berusia tidak produktif. Menurut pengalaman di berbagai negara, dengan adanya penambahan jumlah penduduk yang berusia muda maka jumlah tenaga kerja juga akan bertambah. Artinya jumlah produktivitas juga akan meningkat. Ini akan menyebabkan pertumbuhan dan pembangunan ekonomi di berbagai lini. Sehingga bila penduduk benar-benar terwadahi di berbagai lapangan pekerjaan, maka menjadi mercusuar dunia pasti niscaya.

Secara psikologis, antropologis, dan sosiologis, masyarakat Indonesia sangat mengharapkan perubahan yang nantinya membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik. Perubahan ini hanya akan terwujud jika perekonomian nasional semakin stabil, kuat, dan dapat memberikan dampak yang baik serta positif untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Mereka mengharapkan pemerintah supaya dapat memanfaatkan peluang dan kesempatan ini secara maksimal serta optimal, sehingga keadilan sosial bagi rakyat bisa terwujud. Pengusaha Chandra Ekajaya menghimbau kepada pemerintah Indonesia supaya membuat persiapan dan perencanaan yang matang. Dengan perencanaan dan persiapan yang matang, maka pengaruhnya terhadap perekonomian nasional di masa depan akan terasa dan terlihat secara nyata. Kemudian, yang diperlukan bangsa ini adalah kepemimpinan yang bersifat nasionalis. Sebab dengan kepemimpinan nasionalis yang mendasar dan kuat, maka roda perekonomian nasional akan terus berputar secara dinamis. Sifat kepemimpinan dan pemimpin merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Merekalah yang nantinya akan menentukan gerak dan arah bangsa serta negara Indonesia terkait dalam kehidupan ekonomi, politik, dan kebudayaan.

Chandra Ekajaya Ekonomi Indonesia Gemilang

Meskipun negara ini mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah ruah, tetapi jika tidak dikelola secara baik dan optimal, maka untuk mewujudkan perekonomian yang kuat sangat sulit. Tetapi jika semua itu dikelola dengan sangat baik, maka membangun landasan dan dasar perekonomian nasional yang kuat sangatlah mungkin. Alam dan manusia merupakan modal utama untuk menumbuhkan, mengembangkan, sekaligus memajukan perekonomian Indonesia. Secara umum, negara ini tidak cukup bila hanya dipenuhi oleh masyarakat yang cerdas, terampil, dan terdidik, tetapi negara membutuhkan masyarakat yang memiliki watak dan jati diri serta identitas yang luhur. Maka dari itu negara ini membutuhkan masyarakat yang memiliki rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang kuat. Bila sumber daya manusia yang berkualitas sudah terpenuhi, maka pengusaha Chandra Ekajaya mengatakan bahwa masyarakat harus mempunyai visi dan misi serta semangat untuk selalu berkembang dan maju. Supaya mencapai hal tersebut, maka ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Beruntung Indonesia mempunyai sejarah masa lalu yang hebat, maka dari itu negara ini bisa mengidolakan imperium Nuswantara yang merupakan masa lalunya. Kemudian yang harus dilakukan adalah mempelajari bagaimana bangsa, negara, atau imperium tersebut bisa mencapai dan menghasilkan prestasi yang membuat bangga. Lalu langkah selanjutnya adalah mengejar ketertinggalan dari bangsa yang diidolakan.

Pengusaha Chandra Ekajaya menambahkan bahwa langkah selanjutnya adalah melengkapi pirantinya, dengan cara belajar serta mencari dukungan dari berbagai macam kalangan. Langkah selanjutnya adalah melampauinya untuk membuat patokan tersendiri. Bila hal tersebut bisa dipenuhi maka sangat mungkin jika Indonesia ke depannya akan menjadi poros perekonomian di benua Asia, dan bahkan dunia. Maka dari itu, bangsa ini harus mempunyai visi yang mampu melintasi zaman, yakni masa lalu, masa kini, dan masa depan. Dengan visi yang besar maka masyarakat dan pemerintah Indonesia akan bersikap dan bertindak laiknya seorang Senopati yang akan menghadapi pertempuran dahsyat setiap harinya. Untuk konteks ini tentu saja yang akan dilawan adalah diri sendiri. Maksudnya bangsa ini harus mengalahkan dirinya sendiri, supaya rasa malas dan rasa selalu berpikiran negatif hilang, digantikan dengan semangat, tekun, pantang menyerah untuk memajukan bangsa dan negaranya.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*