Chandra Ekajaya Binatang Terbesar di Bumi

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Paus biru atau bahasa ilmiahnya Balaenoptera musculus adalah makhluk laut yang berukuran sangat besar, dan diyakini adalah makhluk hidup terbesar yang pernah hidup di planet bumi, lebih besar dari dinosaurus terbesar. Paus biru terbesar yang pernah tercatat mencapai berat 181 ton dan panjang 33 meter. Jika diletakkan di atas tanah, Paus Biru sama dengan panjang 9 mobil keluarga. Ukuran jantung paus biru adalah seukuran mobil, dan saluran pembuluh darahnya begitu besar hingga kita bisa berenang di dalamnya.

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya yang sangat gemar meneliti hewan yang satu ini mengatakan bahwa jika kita berlayar di lautan untuk pertama kalinya, menjelajahi tempat-tempat yang belum pernah kita lihat, dan tiba-tiba disamping kapal kita melihat paus biru muncul ke permukaan laut, dan ukurannya ternyata lebih panjang dari kapal yang kita tumpangi. Mungkin kita akan menjadi takut, terutama mungkin karena kita belum pernah melihat makhluk hidup dengan ukuran begitu besar, kita juga tak tahu apa yang bisa dilakukan makhluk besar tersebut, apakah dia bisa membalikkan kapal dan memakan manusia. Padahal, kita tak perlu takut akan makhluk laut raksasa ini.

Chandra Ekajaya mengatakan bahwa selama ribuan tahun, para pelaut jarang sekali melihat mamalia raksasa ini dan kalaupun bertemu dengan paus biru, mereka langsung menghindar secepatnya karena merasa takut akan kemunculannya. Tentu bisa dipahami bagi orang awam seperti kita untuk merasa takut dan was was bertemu dengan makhluk berukuran raksasa ini. Kini, kita makin tahu bahwa paus biru sama sekali tidak berbahaya bagi manusia, dan kenyataannya, mereka punya persamaan dengan kita, manusia, yakni mereka adalah mamalia berdarah hangat yang harus menghirup udara.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*