Chandra Ekajaya Ajak Mahasiswa Aktif Pengembangan Bursa Efek

Peran Chandra Ekajaya Di BEI

Pengusaha Chandra Ekajaya menjelaskan bahwa pada permulaan tahun 2017 ini tren perkembangan pasar modal masih terus tumbuh. Tak hanya pengusaha, mahasiswa pun kini mulai ikut berpartisipasi dalam Bursa Efek Indonesia. Nicky Hogan, selaku Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia (BEI), mengatakan bahwa peminat pasar modal mulai terus berkembang dan terus menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Tahun lalu total investor sekitar 535 ribu, naik 23 persen dari tahun sebelumnya yang hanya 430 ribu. Dari 100 ribu pertambahan, 30 persennya adalah adalah investor berusia 17-25 tahun. Usia tersebut kebanyakan mahasiswa. Hal itu disampaikan olehnya di acara seminar yang diselenggarakan pada hari Minggu lalu. Chandra Ekajaya mengungkapkan, tahun lalu Bursa Efek Indonesia sudah mendirikan 85 galeri investasi yang tersebar di kampus-kampus seluruh Indonesia, bahkan di Sulawesi Selatan sendiri terdapat 10 galeri. Galeri investasi merupakan bentuk kerja sama antara Kampus, BEI, maupun perusahaan sekuritas.

Pengusaha Chandra Ekajaya

Senada dengan hal tersebut, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Wonosobo mengungkapkan bahwa transaksi pasar modal itu terus menunjukkan tren yang menanjak. Di sepanjang tahun 2016 total transaksi itu Rp 6,9 triliun. Sedangkan tahun sebelumnya tumbuh, dari yang hanya Rp 4,5 triliun hingga sekarang Rp 6,9 triliun. Pengusaha Chandra Ekajaya menambahkan, untuk Januari-Febiuari tahun ini transaksi telah mencapai Rp 1,7 triliun. Kalau dibandingkan pada periode yang sama pada tahun sebelumnya, itu hanya R p853 miliar. Kali ini terjadi lonjakan 100,69 persen transaksi. Artinya perkembangan bisnis ini sudah menunjukkan tresn yang positif.

Semoga tahun ini bisa terjalin kerja sama antaruniversitas dengan stakeholder, sehingga peran pengusaha dalam mengajak mahasiswa untuk berperan di bidang ekonomi mengalami peningkatan. Karena roda perekonomian bangsa Indonesia ditentukan oleh masyarakatnya. Wirausahawan muda, serta pengusa kreatif adalah penggerak ekonomi Indonesia sebenarnya. Jadi bukanlah para pegawai yang kebanyakan bekerja di instansi pemerintah dan swasta. Chandra Ekajaya berharap semakin banyak pengusaha yang peduli kepada masyarakat sehingga mau dan mampu mengajarkan masyarakat dan mahasiswa menjadi pengusaha.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*