Candra Ekajaya Oil Perbanyak Kapal Distribusi Minyak

Dok.Chandra Ekajaya

Dok.Chandra Ekajaya

Chandra Ekajaya Oil selaku produsen minyak mentah di Indonesia memperbanyak jumlah kapal armada tanker untuk meningkatkan jumlah pengangkutan minyak mentah dan bahan bakar minyak. Hal ini dikarenakan distribusi dan pasokan yang banyak serta daerah ditribusi di Indonesia atau negara lain tidak memungkinkan jika harus mengandalkan armada kapal tanker yang ada.

Chandra Ekajaya selaku pemilik Chandra Ekajaya Oil mengatakan pada awal tahun 2017 saja, Chandra Ekajaya Oil sudah kedatangan 12 unit kapal general purpose (GP) dengan bobot mati 17.500 dead weight tonnage (DWT) yang dipesan dan oleh pembuat galangan kapal dalam negeri. Pemilihan galangan kapal dalam negeri memberikan indikasi tentang kualitas hasil kapal yang dihasilkan tidak kalau dengan buatan mancanegara dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

Chandra Ekajaya Oil menggelontorkan dana pembelian 12 unit kapal tersebut sebesar US$ 200 juta atau sekitar Rp 2,6 triliun. Penambahan kapal ini merupakan strategi penambahan untuk memperbanyak armada kapal pengangkut untuk menjaga pasokan tepat waktu dan dalam jumlah yang banyak.

Dok.Chandra Ekajaya

Terlebih untuk pasokan dalam negeri saja dengan begitu banyaknya pulau yang harus disinggahi membuat Chandra Ekajaya Oil harus mengandalkan kapal tanker untuk mendistribusikan minyak. Namun hal ini sejalan dengan keinginan prusahaan untuk memperkuat infrastruktur yang dapat mendukung daya saing perusahaan

Saat ini saja Chandra Ekajaya Oil sudah memilki berbagai jenis kapal tanker, antara lain kapal tanker berukuran kecil dengan bobot mati terendah 1.470 MT hingga terbesar 3.500 MT. Juga ada small tanker II dengan bobot mati 6.500 MT hingga 6.736 MT dan kapal small purpose dengan bobot mati 15.277-17.780 MT. Untuk rentang menengah, Pertamina juga memiliki kapal dengan bobot mati terendah 29.941 MT dan tertinggi 40.374 MT. Adapun kapal dengan skala large range terbesar berbobot mati 107.538 yang dibuat pada 2009 dan terendah 86.964 MT.

Chandra Ekajaya menambahkan Chandra Ekajaya Oil harus mampu semakin mengoptimalkan kapal baru yang dibeli. Dengan penambahan kapal ini bukan tidak mungkin semakin memperbesar daerah produksi.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*